Bro ... Kali ini saya mau mengangkat materi artikel di blog ini tentang " CARA KERJA SEPEDA MOTOR 4-TAK " dan untuk MOTOR 2-TAK nanti pasti akan saya muat di artikel selanjutnya.....
Berdasarkan langkah kerja dalam proses pembakaran motor dapat dibedakan menjadi 2 tipe, yaitu : 4-tak (4 langkah) dan 2-tak (2 langkah). Perbedaannya dapat dilihat dari konstruksi mesinnya, sepeda motor 4-tak mempunyai katup-katup yang berfungsi mengatur masuknya bahan bakar ke dalam mesin dan mengatur pembuangan gas hasil pembakaran dan pada sepeda motor 2-tak terdapat saluran hisap, buang, dan pembilas bahan bakar yang diatur piston dalam blok silinder.
v Motor 4-tak (4 Langkah)
Disebut mesin 4 langkah karena satu siklus kerja dilakukan dalam empat langkah, yaitu langkah hisap, kompresi, langkah kerja, dan buang. Sehingga satu kali proses terjadi 4 langkah gerakan piston dalam 2 kali putaran poros engkol.
Ø Kompresi I
Piston bergerak dari TMA ke TMB. Ketika piston bergerak turun katup masuk dalam keadaan terbuka sehingga campuran bahan bakar dengan udara terhisap ke silinder. Dan saat piston mencapai TMB, katup masuk dalam keadaan tertutup. Struktur kerja ini dikatakan I langkah kompresi penuh.
Ø Kompresi II
Kedua katup (masuk dan buang) dalam keadaan tertutup, piston bergerak naik dari TMB ke TMA dan mendorong campuran bahan bakar dengan udara ke dalam silinder sehingga menyebabkan tekanan udara kedalam silinder meningkat. Sebelum piston mencapai TMA campuran bahan bakar dan udara yang bertekanan tinggi dibakar oleh percikan api busi. Struktur kerja ini dikatakan langkah II selesai.
Ø Langkah Hisap
Pada langkah hisap, percikan api busi yang bereaksi dengan campuran bahan bakar dan udara bertekanan tinggi akan menimbulkan letusan. Letusan ini akan menghasilkan tenaga yang mendorong piston bergerak turun menuju TMB. Tenaga yang dihasilkan oleh langkah kerja diteruskan poros engkol untuk menggerakkan gigi transmisi yang menggerakkan gir depan. Struktur kerja ini dikatakan langkah III selesai.
Ø Langkah Buang
Pada langkah buang, piston bergerak naik dari TMB ke TMA. Katup masuk dalam keadaan tertutup dan katup buang dalam keadaan terbuka. Gas hasil pembakaran terdorong keluar menuju saluran pembuangan. Dengan terbuangnya gas sisa pembakaran, berarti kerja keempat langkah mesin untuk satu kali proses kerja (siklus) telah selesai.
Ket : TMA → Saat piston ada di posisi paling atas (Top Maksimal Atas)
TMB → Saat piston ada di posisi paling bawah (Top Minimal Bawah)
GREETING
Hello Bro..... Welcome to my Blog
Kamu bisa berikan masukan untuk lebih baiknya lagi blog ini...
Atau kamu apabila punya artikel yang bisa di muat di blog ini...
And you can send to my e-mail :
motor.informations@gmail.com
Kamu bisa berikan masukan untuk lebih baiknya lagi blog ini...
Atau kamu apabila punya artikel yang bisa di muat di blog ini...
And you can send to my e-mail :
motor.informations@gmail.com
Thursday, June 26, 2008
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment